IF YOU WANT, YOU CAN

ABOUT COLOUR



Menurut (KBBI) kamus besar bahasa Indonesia warna merupakan kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya, berbicara mengenai
warna ada begitu banyak sekali warna di dunia ini yang bahkan tidak dapat dihitung oleh kita tentunya. Mulai saat kita bangun tidur sampai  saat kita akan tidur kembali kita akan selalu melihat benda-benda yang memiliki warna baik itu sprei kasur, bantal, sepatu, sikat gigi, mobil, rumah dan sebagainya.
Warna tidak pernah lepas dari kehidupan kita selama ada cahaya yang selalu memberikan sinarnya, karena syarat dasar adanya warna adalah adanya cahaya juga sama seperti adanya kelangsungan hidup tumbuhan untuk berfotosintesis dengan adanya bantuan cahaya matahari, umumnya kita akan membagi warna menjadi 12 atau 7 warna, hal ini ada sangkut pautnya dengan masa kecil kita terutama di bangku sekolah dasar, dimana pada masa itu disaat kita menggunakan crayon, pensil warna atau sejenisnya selalu dalam setiap kemasan pewarnanya berjumlah 12, kemudian yang 7 warna ini identik dengan warna pelangi yaitu dimana pada saat itu lagi enak-enaknya lagu pelangi.
Sebenarnya warna dapat digolongkan menjadi 3 golongan utama yaitu :
warna primer, warna sekunder dan warna tersier. Pembagian golongan warna ini berdasarkan pada pendapat Brewster.
1.      Warna primer yaitu merah, biru dan kuning.
2.  Warna sekunder yaitu hasil dari pencampuran dua warna primer yang berbanding 1:1 atau seimbang, contohnya warna orange merupakan perpaduan antara warna merah dengan warna kuning, hijau perpaduan antara warna biru dengan kuning dan warna ungu dihasilkan dari pencampuran dua warna primer yaitu merah dengan biru.
3.      Warna sekunder merupakan perpaduan antara warna sekunder.

     Berdasarkan kilasan informasi di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa jumlah warna sebenarnya itu terlalu banyak sehingga saking banyaknya kita tidak dapat menghitungnya, hal ini dapat kita buktikan dengan melakukan pencampuran warna pada cat warna misalnya, warna yang dihasilkan dengan 1 tetes warna merah dipadukan dengan 1 tetes warna hijau akan menghasilkan warna yang berbeda dengan perpaduan antara 2 tetes warna merah dengan 1 tetes warna hijau, meskipun warna perpaduannya sama yaitu warna merah dengan hijau namun kuantitas pencampurannya berbeda hal ini mengakibatkan warna hasil perpaduannya nanti akan berbeda pula, jika sobat masih penasaran mengenai kebenaran ini sobat bisa mencoba di rumah.
Share on Google Plus

About di-am.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: