IF YOU WANT, YOU CAN

MAKALAH DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF FACEBOOK

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Dunia facebook sekarang ini banyak dibincangkan dalam masyarakat umum. Terutama
dikalangan remaja. Tetapi tidak menutut kemungkinan kalau anak SD pun juga mengenal cara berkomunikasi lewat dunia maya ini. Pada umumnya facebook (yang lebih dikenal dengan FB) tersebut mampu menghipnotis ribuan remaja yang di dunia ini, dengan waktu singkat facebook sudah mampu menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Tak segan-segan para ibu-ibu (orang tua) pun ikut terhipnotis dalam pengaploadtan dunia maya tersebut. Padahal banyak dampak positif dan negative yang dapat kita temukan dalam melakukan atau berhubungan di dunia maya dengan jejaring internet yang di kenal dengan facebook (FB) tersebut.
Kita dapat lihat dari pengaruh dampak positif dan negative facebook dalam pendidikan terhadap perkembangan tingkah laku remaja saat ini. Banyak remaja yang terjerumus dalam jejering social tersebut.
 Pada umumnya remaja hanya ingin mencari teman dan sekedar mengapload status saja. Tetapi disini tidak sedikit pada remaja menyalah gunakan facebook dalam memenuhi kepentingan mereka baik pribadi maupun umum. Contohnya, seorang wanita dimana dia sangat mencintai seorang lelaki, tetapi lelaki itu menyukai teman si wanita itu sendiri, karena emosi yang dipengaruhi juga oleh rasa dendam sehingga si wanita ini meneror si wanita yang disenangi oleh lelaki itu lewat jejaring sosial facebook tersebut. Sehingga karena merasa takut, si wanita ini melaporkannya ke kantor pilisi atas dasar pencemaran nama baik. Disinilah dampak negative dari jejaring sosial facebook tersebut. Anak-anak remaja juga demikian. Mereka sering larut dalam facebook, sampai melupakan kegiatan mereka sebagai seorang pelajar. Bukan hanya ini saja dmpak negatifnya, masih banyak dampak-dampak negative lainnya. Dimana dapat merugikan banyak orang terutapa dalam dunia pendidikan. Sebab pendidikan yang selama ini ka dapatkan yang seharusnya juga dapat mendidik moral dan juga dapat menumbuhkembangkan norma dalam diri kita, akan menjadi sia-sia. Hanya karena pengaruh jejaring sosial facebook. Jika kita dapat berfikir secara formal, jejaring sosial facebook (FB) ini dapat memotifasi diri kita sendiri agar lebih baik dan tanpa merugikan pendidikan yang telah kita dapatkan, jika kita mampu memanfaatkan dunia jejaring tersebut dengan arif yang berdasarkan atas norma-norma yang ada. Sehingga tidak aka nada lagi orang yang dirugikan oleh jejaring sosial ini dan justru akan berdampak positif bagi kita.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.    Mengetahui Pengertian Facebook ?
2.    Mengetahui Sejarah Singkat Facebook ?
3.     Apa Saja Dampak Positif Facebook ?
4.    Apa Saja Dampak Negative Facebook ?
5.    Mengetahui Cara Menangani Dampak Negetive Facebook ?
C.    TUJUAN
1.    Tujuan Umum
Secara umum tujuan dari penyelesaikan laporan makalah ini adalah untuk mengetahui titik penyelesaian dalam masalah di bidang teknologi seperti halnya yg bersifat mendidik apalagi untuk remaja jaman sekarang butuh bimbingan langsung dari orang-orang terdekat misalnya orang tua dan orang tua harus tau mana yang terbaik untuk anaknya dalam bidang pegaulan dimana sekarang udah ada namanya FACEBOOK dimana di dunia maya banyak terdapat bahaya yg sangat cepat merabah meski itu orangtua harus lebih mengerti dari si anak.
2.    Tujuan Khusus
a.       Mengetahui Pengertian Facebook.
b.      Untuk mengetahui Sejarah Singkat Facebook.
c.       Mengetahu Dampak Positif Facebook.
d.      Mengetahui Dampak Negetive Facebook.
e.       Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi dampak negative facebook.



BAB II
                                      PEMBAHASAN        
A.  Pengertian Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilaya.
B.  Sejarah Singkat Facebook
            Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.[diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu,
            Beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain.
C.  Dampak Positif Facebook
Facebook (FB) merupakan jejaring sosial yang juga dimanfaatkan untuk mengapload status, dan juga merupakan alat berkomunikasi modern. Facebook (FB) ini telah banyak menarik minat kaum masyarakat pada umumnya. Facebook juga telah menghipnotis ribuan bahkan jutaan remaja di dunia ini termasuk anak-anak pun kini telah mengenal facebook tersebut. Facebook ini pertama kali berada di Negara Amerika yang kemudian masuk ke Negara Indonesia. Facebook ini pun mampu merubah pola tingkah laku yang biasa menjadi tidak biasa. Dalam kita berhubungan dengan facebook kita akan tahu dampak positif dan negative dari facebook dalam pendidikan terhadap pengembangan tingkah laku remaja. Kita dapat tentukan sebagai berikut:
a.    Dampak Positif Facebook Untuk Remaja
Facebook berdampak positif dalam pendidikan yang akan mempengaruhi tingkah laku para remaja, salah satunya adalah:
ü  Facebook dapat memudahkan kita mengetahui kejadian-kejadian yang belum tersiar dalam media cetak maupun media elektronik.
ü  Melalui facebook kita dapat berinteraksi secara cepat.
ü  Kita dapat mengetahui wajah lawan kita berinteraksi.
ü  Dalam facebook kita juga dapat dengan mudah mengapload masalah-masalah tentang pendidikan sehingga dapat membantu dan memotifasi diri kita menjadi semangat dalam belajar.
b.    Dampak Positif Facebook Untuk Kehidupan
            Facebook  membuat kita dapat menemukan teman-teman lama, ataupun memperluas pertemanan kita sampai ke negara-negara luar.  Facebook  pun dapat menjadi salah satu sarana yang efektif sebagai situs untuk menawarkan barang. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali toko online yang menawarkan barang dagangannya melalui facebook. Tentunya ini menguntungkan bagi keduabelah pihak. Baik pembeli maupun penjual.
            “Facebook dapat menghibur saya dan mengurangi kebosanan tentunya, ketika saya bosan, saya cukup mengupdata status, lalu turut mengomentari status saya ataupun teman saya, meskipun terdengar simple, tapi itu sangat menghibur. Saya pun juga dapat bermain game di facebook yang menurut saya sangat menyenangkan.” Begitu penuturan salah seorang pengguna facebook.

D.   Dampak Negative Facebook
Facebook tidak akan selalu berdampak pisitif. Kadang kala ada dampak negative yang sangat perpengaruh pada dunia pendidikan yang kemudian akan mempengaruhi pengembangan tingkah laku para remaja, diantaranya:
ü  Dapat merusak mental para remaja dalam melakukan suatu tindakan.
ü  Melalui facebook tindak kejahatan dan pelecehan terhadap remaja kerap terjadi.
ü  Para remaja khususnya para pelajar, seringkali melupakan kegiatannya bebagai seorang pelajar, karena terhipnotis oleh facebook.
a.    Pengaruh Buruk Facebook Untuk Remaja
6.    Menghambur-hamburkan Uang Pengaruh buruk facebook bagi remaja yang pertama ialah menghambur-hamburkan uang atau pemborosan. Mengapa? Karena, untuk membuka facebook, diperlukan akses internet yang tentu saja memakan biaya. Meski kelihatannya tidak terlalu mahal, namun bila diakumulasikan akan mempengaruhi keuangan para remaja. Padahal, sebagian remaja di Indonesia masih mengandalkan kucuran dana dari orang tua mereka.
7.    Tidak Peduli Dengan SekitarPengaruh buruk facebook yang kedua ialah ketidakpedulian remaja tersebut pada kondisi sekitarnya. Hal ini dikarenakan remaja yang suka bermain facebook lama-lama akan kecanduan. Remaja yang sudah kecanduan facebook terlalu asyik dengan dunianya sendiri sehingga tidak peduli lagi dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.
8.    Berkurangnya Waktu Belajar Pengaruh facebook yang paling buruk bagi pelajar tentu saja berkurangnya waktu belajar. Padahal, belajar merupakan kewajiban utama seorang pelajar. Bahkan, tak sedikit pelajar yang asyik bermain facebook saat jam pelajaran masih berlangsung.
2.    Kurangnya Sosialisasi Dengan Lingkungan Pengaruh buruk facebook bagi pelajar yang berikutnya ialah berkurangnya sosialisasi dengan lingkungan. Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial para remaja itu sendiri. Mereka yang seharusnya belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, justru lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya bersama teman-teman facebooknya
3.    Mengganggu Kesehatan Pengaruh buruk facebook bagi remaja yang kelima ialah mengganggu kesehatan. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apapun dan tidak pernah berolah raga akan beresiko untuk kesehatan remaja yang seharusnya aktif berolah raga. Penyakit akan mudah menyerang. Obesitas, gangguan lambung, dan penyakit mata merupakan gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
4.    Tersebarnya Data Pribadi Mayoritas pengguna facebook memberikan data-data mengenai diri mereka dengan sangat detail pada info facebook. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang baru mengenal internet. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet.
5.    Awas Penipuan Pengaruh buruk facebook yang berikutnya ialah ancaman penipuan. Bagi penipu yang sering mengatasnamakan dirinya sebagai penjual barang, remaja-remaja yang belum mengerti dunia maya adalah sasaran empuk untuk mereka mangsa.
6.    Maraknya Konten-Konten Berbau Sex Dan Pornografi Pengaruh buruk facebook yang berikutnya ialah maraknya konten-konten berbau sex dan pornografi. Bukan menjadi masalah yang sulit bagi para facebooker untuk menemukan konten-konten berlendir di internet khususnya jejaring sosial facebook. Hal ini tentu membawa dampak buruk bagi perkembangan psikis dan mental remaja yang masih tergolong labil.
b.   Dampak Negative Facebook Untuk Kehidupan
            Kita memang banyak dan tidak dapat di duga, tetapi tidak kita pungkiri, facebook juga dapat berdampak negatif bila kita tidak menggunakannya dengan bijak. Kabar terdengar dari  seorang  gadis di Indonesia yang kabur dari kediamannya bersama dengan seorang pria yang di kenalnya lewat situs jejaring sosial facebook. Bahkan sang gadis ini pun telah mengaku kepada kedua orang tuanya bahwa ia telah menginap bersama di hotel dengan pria yang baru di kenalnya itu. Itu hanya sedikit gambaran mengenai dampak negatif  yang disebabkan oleh kepopuleran facebook.
             Masih banyak sekali dampak-dampak negatif yang terjadi apabila kita tidak menggunakan facebook dengan bijak.  Misalnya saja, facebook membuat kita menjadi berlama-lama di depan komputer hanya untuk sekedar mengupdata status ataupun mengupload foto. Facebook dapat mengakibatkan kecanduan bila kita tidak memanfaatkannya dengan benar. Intinya, segala sesuatu pasti dapat memberikan dampak yang positf maupun negatif. Tergantung bagaimana kita menggunakannya. Jika kita menggunakannya dengan benar, maka kita akan mendapatkan
E.  Cara Mengatasi Dampak Negative Facebook
a.    Jangan gunakan indentitas asli saat mendaftar maupun sedang ber-Facebook-an.
b.    Waspada atau hati-hati kepada orang yang belum kita kenal.
c.    Ajak teman pada saat ingin berjumpa dan hidarkan apa bila di ajak ke tempat yang sepi.
d.   Gunakan Facebook yang labih berguna dan bermanfaat saja.
e.    Hindari Facebook-an yang mengarah dari perbuatan negatif.
f.     Orang tua harus megawasi anaknya setiap saat kalau perlu diperketat pengawasanya. Semoga dengan beberapa cara ini kita sebagai orang tua dapat mengantisipasi sedini mungkin agar kaum remaja yang menjadi tumpuan bangsa ini tidak terjebak asesuatu yang tidak kita inginkan.








BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami tarik, berdasarkan pembahasan diatas adalah hindarilah namanya kecanduan facebook, maniak facebook, gila facebook secara berlebihan bisa merusak mental si anak apalagi yang masih menginjak masa sekolah di karenakan situs ini di lakukan secara berlebihan untuk si pemakai akan berdampak buruk dan lupa diri, lupa pada ia kerjakan dan memberi dampak yang sangat besar maka dari itu usahakan mempergunakan facebook secara positif dan bermanfaat.
Saran
Saran yang dapat kami kemukan berdasarkan pembahasan diatas adalah alangkah baiknya mencari informasi tentang berita yang behubungan pendidikan yang bermanfaat untuk orang banyak ketimbang bermaen-maen dan bermain boleh-boleh saja akan tetapi jangan terlalu brlebihan apa lagi yang kerja dan sekolah berakibat buruk di tempat kerja maupun sekolah.


DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.

Alessi, S.M. dan Trollip, S.R. 1985. Computer-Based Instruction: Development. Englewood Cliffs: Prenctice-Hall, Inc.
Share on Google Plus

About di-am.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: