IF YOU WANT, YOU CAN

KIAMAT DUNIA MAYA ( APA JADINYA JIKA SEHARI INTERNET LUMPUH?)

Pada era modernisasi seperti sekarang ini kebutuhan akan teknologi informasi dan komunikasi bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicapai, karena memang
pada era ini kebutuhan akan teknologi sangat diperlukan, apalagi untuk mencapai kesemua itu tidaklah membutuhkan biaya yang mencekik di leher, sekarang ini sudah banyak gadget-gadget dan sarana internet yang terjangkau dan bisa dibilang murah. Hampir di semua aspek kehidupan membutuhkan teknologi, misalnya saja komunikasi antara dua orang atau lebih menggunakan handphone, layanan jejaring sosial yang menyediakan fitur chatting, sms online,   mengerjakan tugas kecil bahkan sampai menyelesaikan skripsi kita membutuhkan laptop, berbisinis pulsa, berniaga melalui internet, berbisnis menggunakan media internet, dalam pembelajaran juga tidak luput dari penggunaan media komputer dan semacamnya, bahkan mencari resep masakan tinggal mencari di mesin pencari menggunakan media internet, dan masih banyak lagi manfaat dari teknologi yang tentunya tidak bisa disebutkan satu-persatu.

      Pada postingan kali ini kita akan dirangsang untuk berpikir dan berimajinasi tentang internet, bagaimanakah jika sehari saja tanpa internet? Sebelum itu, para pembaca sekalian pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan intern, bukan? Karena layanan yang kalian gunakan sekarang ini tidak lepas dari peran internet sehingga kalian bisa membaca artikel tentang “bagaimanakah jika sehari saja tanpa internet? ini. Jika masih ada dari pembaca sekalian yang belum tahu apakah yang dimaksud dengan internet berikut adalah sekilas informasi mengenai internet. Klik disini

      Kita lanjutkan pada topik pembicaraan mengenai ´Apa yang terjadi kalau sehari saja kita tidak mendapatkan koneksi Internet?´. Mendengar judulnya saja pasti pembaca ikut membayangkan semampu mungkin mengenai hal-hal yang mungkin terjadi sesuai judul postingan di atas.  Bisa kita katakan seandainya sehari saja internet itu tidak ada dalam sehari maka akan begitu banyak hal yang terjadi dan terlewatkan serta tidak ter-ekspose kedalam kehidupan kita. Seperti pada prolog di atas kita ketahui bersama pada era modern seperti sekarang ini begitu banyak manfaat dari media internet ini, seperti :

1.      Dengan adanya internet kita dapat membaca informasi yang belum tentu termuat di koran.
2.      Internet sangat membantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah maupun perguruan tinggi sehingga peserta didik tidak perlu keluar rumah mencari perpustakaan, cukup menggunakan media internet semuanya dimudahkan.
3.      Materi pelajaran dapat kita peroleh dengan mudah di internet tinggal mengetik kata kunci mengenai pelajaran yang bersangkutan maka akan muncul begitu banyak mengenai materi pelajaran yang kita butuhkan, ini dapat membantu siswa yang tidak mampu membeli buku pelajaran yang harganya mahal.
4.      Dengan adanya media internet tidak sedikit dari para pengangguran yang bisa menciptakan ( belajar autodidak) dan memperoleh lowongan pekerjaan yang juga  belum tentu termuat dalam media cetak.
5.      Banyak pihak yang memperoleh keuntungan melalui media internet (iklan, berniaga, Games Online, jejaring sosial, koneksi antara pejabat dan masyarakat umum menggunakan e-mail,  kampanye, belajar, blogger, wordpress, dan masih banyak lagi)
6.      Dengan adanya internet, informasi itu seolah-olah berada dalam genggaman karena pembaca hanya tinggal duduk-duduk manis di depan kamputer/laptop, tentunya dengan koneksi internet sembari mengetik kata kunci yang dibutuhkan informasinya.
7.      Sistem pemerintahan juga ikut serta dalam memanfaatkan media internet seperti sosialisasi, data-data penting mengenai kenegaraan ditransfer ke tiap daerah, data keuangan negara, semua informasi mengenai kenegaraan dan sebagainya.
8.      Internet membuka wawasan pembaca karena ada begitu banyak artikel-artikel bermanfaat yang bisa dibaca.
9.      Media internet membantu memperkenalkan kita mengenai budaya negara lain tanpa perlu kita melangkahkan kaki ke negara bersangkutan tentunya dengan biaya yang sepersekian lebih murah.
Kemudian bagaimanakah seandainya sehari saja kita kehilangan koneksi internet?
Maka semua manfaat internet seperti yang telah dituliskan diatas lenyaplah bahkan bisa dibilang KIAMAT DUNIA MAYA, seperti :

·                                  1.      Kita akan ketinggalan informasi yang lagi naik daun.
2.      Peserta didik akan kehilangan sandaran dengan ketiadaan internet dalam sehari, karena ada begitu banyak tugas yang harus diselesaikan dan dikumpul apalagi jika tugas itu harus dikumpul pada hari kelumpuhan internet, ini juga akan menyebabkan mental peserta didik menjadi terganggu dan ujung-ujungnya frustrasi tidak dapat dihindarkan.
3.      Kelumpuhan internet dalam sehari akan membuat peserta didik sulit mencari materi pelajaran sekaligus akan sulit jika ada tugas yang harus dikirim melalui e-mail dan sebagainya, ini juga akan membuat mental peserta didik terganggu.
4.      Dengan kelumpuhan internet dalam sehari saja juga turut membantu menambah pengangguran dan kerugian berbagai pihak yang tidak terhitung, misalnya saja perusahaan-perusahaan yang bertumpu pada internet seperti di bidang pemasaran dan iklan di internet, jika sehari saja tidak memanfaatkan internet maka kerugian perusahaan akan berdampak pada karyawan, bahkan tidak jarang PHK (pemutusan hubungan kerja) merupakan pilihan terakhir yang tidak terhindarkan demi menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan.
5.      Akan ada begitu banyak pihak-pihak yang mengalami kerugian besar dengan lumpuhnya internet dalam sehari,  seperti :
a.       Games online yang kehilangan pelanggannya disisi lain pelanggannya akan mengalami stres karena tidak bisa terhubung dengan internet,
b.      Perusahaan jejaring sosial seperti edmodo, facebook, twitter, line, kakao talk, yahoo messenger, dan sebagainya akan kehilangan pelanggan beserta pemasukan dari akses internet di tiap-tiap pelanggannya, khusus pada situs edmodo guru dan siswa akan terganggu dalam proses pembelajaran dengan lumpuhnya internet dalam sehari,
c.       Banyak pejabat yang terganggu dalam memanfaatkan e-mail karena tidak bisa terhubung dengan internet, apalagi jika menyangkut tender-tender, penjualan, produksi barang dan sebagainya. Maka bisa dipastikan kerugian yang tidak sedikit.
d.      Banyak blogger dan wordpresser serta situs-situs lainnya yang juga turut dirugikan karena tidak bisa memposting artikel-artikel, apalagi jika ada yang berbisnis melalui blogger, wordpress dan sebagainya. Hal ini tentu juga menimbulkan ketidaknyamanan sekaligus kerugian pada pihak-pihak tertentu.
e.       Pelajar dan guru akan terpaku pada buku pelajaran tanpa dapat menambah pengetahuan di internet, sebagaimana yang kita ketahui bersama di internet ada begitu banyak materi pelajaran yang beterbangan di dunia maya.
f.       Mesin pencari seperti google, yahoo, bing, Amazon, ebay, wikipedia dan sebagainya juga tidak bisa lepas dari kerugian karena merekalah akar dari dunia internet, internet mati maka mesin pncari juga mati.
g.      Browser-browser seperti mozilla firefox, opera, google chrome, safari, maxthon, internet explorer, dan sebagainya juga turut mengalami kerugian, sebab tanpa mereka internet tidak bisa diakses apalagi setelah internet lumpuh, maka setelah itu browser hanyalah puing-puing dari keruntuhan internet.
h.      Perusahaan pengiklanan juga turut andil dalam memperoleh kerugian, karena adanya penundaan pengiklanan dan masalah tertentu yang walaupun kita lihat sepele akan tetapi pasti ada juga pihak yang pastinya dirugikan dengan kejadian ini.

Mungkin masih banyak lagi pihak-pihak yang dirugikan berkenaan dengan lumpuhnya internet dalam sehari akan tetapi hanya beberapa saja yang sempat dituliskan seperti di atas. Ini mengindikasikan bahwa internet merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini. Sehingga kita sebagai masyarakat modern ada baiknya memanfaatkan internet ini dengan sebaik-baiknya karena dampak yang akan kita peroleh tentunya akan kembali pada diri kita sendiri.
Sebagai masyarakat modern tentunya kita perlu mengajarkan pentingnya internet bagi kehidupan seperti sekarang ini.  Ada begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengakses internet seperti yang telah ditulis di atas. Dengan mengakses internet kita tidak akan ketinggalan dalam berbagai hal, kita dapat mengakses informasi tanpa harus keluar rumah misalnya, berbeda pada era sebelum internet pada saat itu untuk memperoleh informasi kita butuh media cetak seperti surat kabar/koran dan bantuan televisi bagi yang mampu. Tapi pada era internet seperti sekarang ini tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa mengakses internet terutama bagi golongan pelajar di berbagai jenjang (SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi).
Mengapa harus golongan pelajar? Golongan pelajar merupakan golongan penerus bangsa, merekalah yang menentukan masa depan negara kita sehingga merupakan suatu keharusan bagi mereka untuk mengenal dan mengetahui internet sebagai tren dunia saat ini. Golongan pelajar haruslah mendukung salah satu program pemerintah untuk mengurangi jumlah melek teknologi di negara tercinta kita ini. Diharapkan suatu saat nanti negara kita juga dapat  disejajarkan bahkan melampaui negara yang lebih dahulu mengenal internet ini apalagi jumlah pengakses internet di Indonesia menurut APJII dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang melonjak dari tahun 1998 sampai 2012 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 63 juta jiwa. Ini merupakan salah satu stimulus yang patut kita banggakan dari negara kita tercinta ini.

berikut link mengenai internet



SEMOGA TERWUJUD INDONESIA MAJU DENGAN INTERNET. AAMIIN
Share on Google Plus

About di-am.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: